TERUS BERAKTIVITAS, HINDARI SARKOPENIA
Ada sebagian kita mungkin berpikir, kok program kerjanya itu-itu saja, kurang bervariasi sehingga membuat bosan. Maka perlu di pikirkan untuk membuat program kerja organisasi di setiap bidang yang kreatif. Artinya, program kerja yang mampu menghasilkan ide-ide baru, bermanfaat, dan inovatif untuk mencapai tujuan organisasi, mengembangkan po tensi Anggota, dan menciptakan dampak positif bagi lingkungan sekitar, bukan sekadar ide tanpa tujuan. Kegiatan yang disusun secara kreatif, dapat meningkatkan rasa kebersamaan dan kolaborasi antar Anggota, juga membantu organisasi untuk tetap relevan. Di sisi lain, Anggota dapat mengembangkan bakat dan keterampilan mereka, serta membangun karakter yang positif seperti rasa tanggung jawab dan empati. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun program kerja organisasi yang efektif dan berdampak, seperti memahami esensi dan tujuan program, menentukan visi misi organisasi sebagai kompas utama, menganalisa kebutuhan Anggota dan lingkungan, merancang program yang variatif dan inovatif, susun anggaran, bentuk panitia, publikasi dan promosi, pelaksanaan, laporan dan evaluasi. Contoh program yang sederhana: gathering Anggota, team building outbound, mengembangkan teknologi yang kreatif, mengembangkan keterampilan kewirausahaan dan kreativitas dalam berbisnis, meningkatkan kesadaran dan partisipasi dalam isu lingkungan melalui video edukasi dan masih banyak lagi. Kreativitas dan inovasi bagi organisasi sangat penting untuk daya saing, sebuah kebutuhan yang sangat vital, karena kreativitas menjadi tulang punggung bagi kelangsungan hidup organisasi. Sedang inovasi merupakan kemampuan untuk menerapkan solusi-solusi kreatif terhadap masalah dan peluang guna menumbuhkan usaha. Kreativitas dan inovasi merupakan kata yang saling terkait dan saling melengkapi. Ciptakan suasana diskusi terbuka agar Anggota merasa nyaman berbagi ide tanpa takut dihakimi