Wilayah Petrus

Paroki Meruya Gereja Maria Kusuma Karmel

Tentang Wilayah

Wilayah Petrus merupakan Wilayah III Paroki Meruya, yang meliputi Kompleks Taman Kebon Jeruk. Wilayah Ini memiliki 7 Lingkungan. Dan berbatasan dengan 7 wilayah lainnya seperti Wilayah Mikael, Wilayah Stefanus, Wilayah Yakobus, Wilayah Paulus, Wilayah Titus Brandsma, Wilayah Yohanes Pemandi dan Wilayah Lukas. Berikut summary umat Wilayah Petrus:

7
Lingkungan
293
Keluarga*
979
Umat*

SANTO PETRUS

Sekilas Mengenai Teladan Wilayah

Wilayah Petrus mengambil nama Santo Petrus sebagai pelindung Wilayah dan menjadikan Santo Petrus sebagai teladan wilayah tersebut. Petrus adalah pemimpin para rasul dan Paus kita yang pertama. Nama asli rasul besar ini adalah Simon, tetapi Yesus mengubahnya menjadi Petrus, yang artinya batu karang, yang mengisyaratkan bahwa Yesus meletakkan landasan gereja-Nya di atas Petrus. “Engkaulah Petrus,” kata Yesus, “Dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan Gereja-Ku.”

Petrus adalah seorang sederhana yang giat bekerja. Ia murah hati, jujur, polos seperti anak kecil dan amat dekat dengan Yesus. Namun, Petrus juga seorang yang penakut. Beberapa kali Injil mencatat sifat petrus yang satu ini. Yesus mengatakan kepada Petrus untuk mengurus Gereja-Nya, sebab Ia akan naik ke surga. Yesus menetapkan Petrus sebagai pemimpin para pengikut-Nya.

Pada hari Pentakosta Petrus dan para rasul lainnya menjadi penuh dengan kuasa Roh Kudus. Mereka berkata-kata dalam bahasa roh sehingga membingungkan orang-orang yang melihat mereka. Maka bangkitlah Petrus dan menyampaikan kotbahnya yang pertama setelah kebangkitan Yesus. Para pendengarnya begitu terkesima dengan kata-kata nelayan dari Galilea ini; yang penuh dengan hikmat dan kuasa. Dalam hari itu juga mereka memberikan diri untuk dibabtis. Jumlah orang yang dibabtis pada hari itu sungguh luar biasa; Tiga ribu orang. (Kis 2 : 14 - 41). Peringatan Santo Petrus diadakan setiap tanggal 29 Juni.

Sumber: https://katakombe.org/